Senin, 20 Juni 2011

KARAKTERISTIK KUALITATIF INFORMASI AKUNTANSI DAN KENDALANYA

KARAKTERISTIK KUALITATIF INFORMASI AKUNTANSI DAN KENDALANYA

Karakteristik kualitatif tersebut terdiri dari:
  1. Dapat dipahami (understandbility)
Informasi akan dianggap berkualitas jika informasi tersebut mudah dipahami oleh pemakai atau para pengambil keputusan.
  1. Relevansi
Informasi dikatakan relevan jika memiliki nilai umpan balik (feedback value), predektif (predictive value), ketepatan waktu (timeliness).
  1. Realibilitas
Informasi dikatakan dapat dihandalkan atau memiliki karakteristik kualitatif refiabilitas, jika informasi tersebut dapat di uji (verifiability), disajikan secara tepat dan relative bebas dari kesalahan serta menggambarkan keadaan yang sebenarnya, netral.
  1. Komparabilitas
Memungkinkan pemakaian informasi akuntansi mengidentifikasikan persamaan dan perbedaan yang nyata dalam peristiwa ekonomi antar perusahaan.
  1. Konsitensi
Apabila perusahaan menerapkan perlakuan akuntansi yang sama untuk kajian-kajian yang serupa dari periode ke periode, maka perusahaan tersebut dianggap telah konsisten dalam menerapkan standar akuntansi.


Adapun kendala dominan yang harus diperhitungkan dalam menyediakan informasi yang mengandung karakteristik kualitatif, yaitu:
  1. Hubungan biaya-manfaat
Informasi dianggap sebagai komoditas dimana nilainya harus lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan informasi tersebut, informasi bukanlah komoditas bebas biaya, oleh karena itu haruslah diperhitungkan hubungan biaya-manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian informasi tersebut.
  1. Materialitas
Berkaitan dengan dampak suatu item terhadap hasil operasi dan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Secara teori, suatu item akan dianggap material jika pencantuman atau pengabaian item tersebut mempengaruhi atau mengubah penilaian dari seseorang pengguna laporan keuangan. Karena itu, tidaklah material dan juga tidak relevan apabila pencantuman atau pengabaian suatu item tidak memiliki dampak terhadap pengambilan keputusan.

Sedangkan kendala penting yang kurang dominan, namun merupakan bagaian dari lingkungan pelaporan keuangan, yaitu:
  1. Karakteristik (praktek) industry
  2. Konservatisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar